Bingung Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah - Ini Solusinya

Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah
Ada banyak situs yang menyediakan blog gratis, baik situs lokal maupun luar negeri. Umumnya yang sering digunakan adalah blog gratis di Blogger.com dan Wordpress.com. Ya, kedua sangat familiar sekali di telinga.

Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya sangat banyak, bahkan setiap situs penyedia layanan blog gratis memiliki komunitasnya sendiri. Misalnya, blogdetik.com, kompasiana.com ekadana.com, abatasa.co.id, speedytaqwa.com.

Jika Anda lebih senang tukar cerita dalam sebuah komunitas penulis, mungkin yang lebih cocok adalah blog gratis dari lokal. Tapi itu hanyalah sebuah pilihan, karena setiap penyedia blog gratis ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya, Anda tidak bisa custom domain, maksudnya beralih ke domain pribadi dalam bentuk dot com; "aku.com" atau "contohnya.net". Jika Anda menggunakan blogspot (blogger) atau Wordpress, ada fasilitas custom domain. Harga domain juga termasuk murah, rata-rata sekitaran Rp. 100rb,- .

Tapi kali ini saya tidak akan membahas cara custom domain, mungkin lain kali. Ya, agar tulisan ini lebih fokus.

Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula

Dalam postingan sebelumnya saya sudah menuliskan:

Silahkan diklik dan dibaca. Jika Ada kekurangan, boleh bertanya atau mengkritiknya di kotak komentar, saya sangat terbuka, tapi tetap dengan bahasa yang sopan ya. :)

Oh iya, ini sangat penting, dan sekedar mengingatkan bahwa sebenarnya membuat blog gratis itu sangat-sangat mudah sekali, dalam hitungan jam, mungkin Anda bisa membuat puluhan blog. Yang sulit adalah konsisten dengan apa yang ingin disajikan di blog.tersebut.

Banyak blogger yang patah semangat, baru menulis 10 postingan di blog nya sudah hilang atau kelelahan. Yang terpenting adalah visi Anda membuat blog. Untuk share pengalaman, ilmu pengetahuan, untuk cari uang. Semuanya akan menetukan tampilan blog Anda akan seperti apa.

Oke, itu saja tulisan Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah ini. Semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Lengkap gan tutorialnya, memang saat ini membuat blog sangat mudah baik dari blogger maupun wordpress

    Salam Blogger www.FULLSEOBLOG.org

    BalasHapus
  2. iya gan, tidak ada yang sulit. Kalau sudah tau, tinggal dilatih aja. 5 menit aja udh selesai kalo sekedar buat blog.
    Yang susah itu konsisten terhadap content, bukan masalah tampilan yang terlihat keren, tapi ujungnya 1 bulan udh pindah ke lain hati :D

    BalasHapus
  3. Iya mas betul apalagi koneksi internetnya lancar pastinya tidak sampai 2 menit.tetapi yang paling susah menulis artikel yang berkualitas kali ya mas.

    BalasHapus
  4. @Maseus: iya, kl sdh terbiasa mudah banget buat blog. Soal tulisan juga sama saja, jika sudah sering atau terlatih ga bakal sulit. Yang paling sulit itu ketika melangkah di awal.
    Ketika dia sdh terbiasa menulis, tapi kesulitan membuat tulisan, besar kemungkinan dia tidak paham dengan apa yang mau dia tulis. Maka dibutuhkan bahan referensi untuk menambah wawasan. Membaca dan menulis adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisah.
    Blog dan tulisan adalah sebuah rantai. Sekalipun isinya hanya berupa video atau gambar. Tetap ada tulisan di dalamnya, yang membuat si pemilik, harus berpikir - bagaimana meramunya agar menjadi menarik.

    BalasHapus
  5. Mas saya newbie disini... saya sdh buat blog berkali2 iya memang sdh jadi,,, tpi ketika saya ngepost postinganya gak terindeks di google,,,,
    sya sdah kesana sini cari solusi tapi sulut bngett,,,,
    please help me....

    BalasHapus
  6. @irawan: coba copy url postingannya ke google, kalau misalnya tampil, berarti sudah terindeks. Kalau belum berarti mesti didaftarkan ke Google Webmaster, dan kirim juga sitemap blog, banyak tutorial. Untuk postingan baru juga bisa dikirim ke Google Sumbit URL biar cepat terindeks: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?q&dq&submit=Tambah+URL&pli=1

    Kalau URL nya sudah terindeks, tapi waktu dicari di mbah Google dengan mengetik judul postingan tersebut tidak ada, kemungkinan judul tersebut persaingannya besar. Usahakan untuk menulis judul yang unik. Karena Google sendiri senang dengan content yang unik dan segar.

    BalasHapus
  7. makasih mas artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. haa..iini baru artikel josss,sangat membantu sekali gan, saya sudah bingun nyari2 cara biar bisa buat blog geratis, sampe akhirnya dikasih tau link ini sm temen. makasih mas

    BalasHapus
  10. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan...

    BalasHapus
  11. blog gratis yang paling populer itu wodpress dan blogger iya gak gan
    salam kenal gan http://seo-belajarseo.blogspot.com

    BalasHapus